Translate
Gambar dan profil pembalap motoGP "Jorge Lorenzo Guerrero"
Jorge Lorenzo Guerrero yang lahir di Palma de Mallorca, Spanyol, 4 Mei 1987 merupakan seorang pembalap MotoGP asal Spanyol. Tahun 2011 ia bergabung di tim Fiat Yamaha. Ia merupakan juara dunia kelas 250cc tahun 2006 dan 2007.
Tanggal 10 Oktober 2010, Jorge Lorenzo memastikan
diri sebagai juara dunia MotoGP untuk pertama kalinya walaupun
hanya finish ketiga di GP Malaysia.
Jorge Lorenzo memulai kariernya
di dunia MotoGP di kelas 125cc
pada tahun 2002 pada seri Spanyol. Saat itu ia tidak bisa
mengikuti sesi latihan karena
usianya tidak mencukupi, karena
regulasi MotoGP mengharuskan
seorang pembalap minimal
berusia 15 tahun untuk bisa turun di MotoGP. Namun ia bisa
mengikuti sesi kualifikasi kedua
karena hari itu tepat hari ulang
tahunnya yang ke 15. Ia
memenangi Grand Prix
pertamanya di musim berikutnya pada seri Rio de Janeiro di Brazil. Dua musim berikutnya yaitu
tahun 2005 ia turun di kelas
250cc, sejak saat itu ia mulai
diperhitungkan keberadaannya di
dunia MotoGP, dengan meraih 6
kali podium di musim 2005. Pada 2006 ia berhasil meraih
kemenangan balapan kelas 250cc
nya di Qatar. Di musim 2006 juga ia berhasil meraih 8 kali
kemenangan dan 10 pole position
yang kemudian mengantarnya
menjadi juara dunia 250cc untuk
pertama kalinya. Selanjutnya di
musim 2007 ia berhasil mempertahankan mahkota juara
dunia 250cc setelah meraih 9 kali
kemenangan dan 9 kali pole position. Kemenangan Jorge di Misano pada musim 2007 membuatnya
tercatat sebagai pembalap
Spanyol paling sukses di arena
kelas 250cc dengan total 16
kemenangan, atau satu
kemenangan lebih banyak dari Daniel Pedrosa dan Sito Pons.
Pada 25 Juli 2007 ia menandatangani kontrak dengan Fiat Yamaha dan menjadi rekan Valentino Rossi untuk musim 2008 dan 2009. Pada seri pertamanya di kelas MotoGP
2008 ia langsung merebut pole
position, dan membuat ia menjadi
orang kedua yang melakukan itu
sejak Max Biaggi melakukannya di tahun 1998. Tiga seri
berikutnya ia mempertahankan
pole position-nya dan memenangi
kelas MotoGP untuk pertama kali di sirkuit Estoril, Portugal. Di seri selanjutnya di MotoGP Grand Prix of China ia mengalami kecelakaan hebat pada sesi latihan sehingga membuatnya tidak bisa membalap secara fit di balapan tersebut, walaupun akhirnya secara brilian ia mampu finish keempat saat lomba. Selanjutnya di seri Le Mans, lagi- lagi Lorenzo mengalami kecelakaan di sesi latihan bebas, namun secara brilian pula ia bisa balapan dan finish kedua. Kesialan belum berakhir dari Lorenzo saat ia kembali lagi mengalami kecelakaan di seri Mugello , dan puncaknya di Sirkuit Catalunya saat ia lagi-lagi terjatuh dan akhirnya menyebabkannya gagal mengikuti balapan. Lorenzo kemudian kembali turun balapan di Donington Park dan berakhir dengan finish di P6. Hasil yang sama ia bukukan kembali di seri selanjutnya di Assen, sebelum akhirnya lagi-lagi mengalami kecelakaan di seri Jerman.
Kemudian di seri Laguna Seca Lorenzo kembali lagi mengalami kecelakaan hebat
saat balapan, yang membuatnya
kemudian disebut sebagai
pembalap rookie MotoGP yang
paling banyak mengalami
kecelakaan. Lorenzo kemudian meraih dua podium di San Marino
dan Indianapolis. Secara
keseluruhan ia berada di P4
klasemen musim 2008 dengan
190 poin. Masuk ke musim 2009, Jorge
Lorenzo tampil semakin kuat dan
matang, ia terus menempel ketat
seniornya di tim Yamaha, Valentino Rossi sepanjang musim.
Di musim 2009, Lorenzo tampil sebagai juara di empat balapan (Jepang, Perancis, Indianapolis, dan Portugal). Ia juga mampu meraih 5 kali pole dan total 12 podium. Di akhir musim Lorenzo berada di P2 klasemen dengan raihan 261 poin. Tanggal 25 Agustus 2009, Jorge Lorenzo mengakhiri gosip tentang peluang kepindahan dirinya ke Honda atau Ducati untuk musim 2010 dengan menandatangani perpanjangan kontrak bersama Yamaha. Ducati dilaporkan menawari Lorenzo dengan kontrak bernilai 15 juta dollar semusim untuk menjadi rekan setim Casey Stoner di musim 2010, namun Lorenzo akhirnya lebih memilih untuk bertahan di Yamaha. Lorenzo sempat mengalami cedera ringan di tangan karena mengalami kecelakaan saat pra- musim 2010. Ia kemudian memilih untuk tidak mengikuti beberapa sesi tes di awal musim. Pada balapan pertama di Qatar, Lorenzo mampu finish kedua dibelakang Rossi, sekalipun kondisi tubuhnya sebenarnya tidak memungkinkannya untuk membalap.
Ia menjadi orang Spanyol pertama sejak Alex Criville di 1999 yang mampu menjadi juara dunia MotoGP. Usai
lomba, Daniel Pedrosa yang masih
menjalani pengobatan di Spanyol
kemudian menelepon Lorenzo dan
mengucapkan selamat atas
kemenangannya sebagai juara dunia MotoGP 2010.
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment
Silahkan tinggalkan jejak anda melalui komentar dibawah ini:
Ingat, komentarnya yang sopan dan tidak spam!